Minggu, 13 Desember 2015

Uji Asumsi Klasik Dengan Menggunakan Shazam

Oleh : Jul Fahmi Salim

Assalamualaikum wr wb...
Selamat Pagi menjelang siaaang.... :-)

Jika sebelumnya saya sudah post mengenai uji asumsi klasik menggunakan eviews dan spss  maka kali ini saya akan share, uji asumsi klasik dengan menggunakan shazam.
  • Buka file data (excel)
  • Buka program shazam
  • Input data dengan cara 
  • sample 1 xxx (jumlah sampel yang digunakan)
  • read y x1 x2 x3 (silahkan diganti dengan variabel yang digunakan, tetapi harus berurutan dari var dependen baru kemudian var independe)
  • copy data dari excel dan langsung di paste kan dalam command shazam
  • ketik ols y x1 x2 x3 / resid=e
  • * uji multikolinearitas ===> stat x1 x2 x3 / pcor ==> hanya masukan variabel indepnden
  • * uji autokorelasi ===> ols y x1 x2 x3 / rstat dwpvalue
  • * Uji Heteroskedastisitas ===> diagos / het
  • * Uji Normalitas lihat nilai JQ Berra



  • Berikut merupakan hasil dari berbagai uji tersebut

Hasil regresi berupa R2 dan R2 Adj


Dari hasl tersebut didapat bahwa nilai R2 Adj nya sebesar 0,95 ==> 95%, hasil ini menunjukkan bahwa variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 95% sehingga dapat disimpulkan model ini layak untuk digunakan.



Hasil Analisis Of Variance From Mean 


Nilai P-Value F sebesar 0,000. jauh di bawah 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel independent (X1 dan X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhdapa variabel dependen (Y).



Hasil Pengaruh tiap Variabel  x terhadap Y


Nilai P-Value x1 dan x2 sebesar 0,000. jauh di bawah 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel baik x1 maupun x2 terhadap Y signifikan.


  • Multikolinearitas

dari hasil ujil multikolinearitas, dapat dilihat bahwa  hubungan antara variabel x1 dan x2 hanya sebesar 0,234, jauh di bawah ambang batas sebesar 0,7, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat gejala multikolinearitas dalam model.

  • Autokorelasi (Serial Correlation)




dari output di atas dapat dilihat bahwa nilai DW stat = 1,52. Mari kita bandingkan dengan nilai DW Tabel.
n = 71
k = 2
dL = 1,5542 dan dU = 1,6715

Sumber : Buku Ekoometrika, D. Gudjarati



karena nilai DW < dL < dU  (1,52 < 1,554 < 1,6715) maka dapat disimpulkan bahwa model Terindikasi mengalami autokorelasi positif.



  • Heteroskedastisitas



Kriteri :
Heteros jika r square obs < 0,1 atau 0,05 ==> HO : Homoscedasticity  HA: Heterosceaasticity

dengan menggunakan uji white, di dapat nilai p value = 0,000, jauh berada lebih kecil dari 0,05 dan dapat menolak H0, maka sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat gejala heteroskedastisitas dalam model

  • Uji Normalitas 



dari output di atas nilai pvalue JQ Bera = 0,000, lebih kecil dari nilai ambang batas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data dalam model tidak terdistribusi secara normal.


Untuk memperbaiki berbagai macam permasalahan uji asumsi klasik, memilki berbagai macam cara seperti transformasi data ke dalam bentuk log maupun ln, mentransformasi data ke dalam bentuk lag, mengubah menjadia persamaan WLS (Weigthed Leas Square), GLS (Generalize Least Square), dsb.

** Mohon Diberkan Koreksi / Saran / Masukan Terhadap Tulisan Ini Agar Tulisan Ini Bisa Lebih Baik


Selanjutnya beberapa solusi tersebut akan saya post disini jika sudah saya tau..hehhehe
Demikian lah Cara uji asumsi klasik menggunakan Shazam..

Semoga dapat berguna... Terimakasih Sudah berkunjung :-)





4 komentar:

Jumadil Saputra mengatakan...

Salam bang jul, terima kasih untuk blog yang bang zul buatkan ini sangat-sangat membantu untuk pengenalan dan analisis statistik menggunakan shazam, sebelum nya saya perkenalkan diri, saya putra alumni unsyiah juga...

Bang jul, mau mintak tolong..... bisa saya mintak software shazam nya... kalo boleh, tolong send by email ke saya or link mana yang boleh saya dapatkan untuk shazam version 10, dulu saya dapatkan shazam dr pak Aliasuddin tapi setelah saya install laptop saya, hilang programnya...

Mohon bantuan bang jul.. Terima kasih

Jul Fahmi Salim S mengatakan...


Salam Bg Jumadil, terimakasih sudah berkunjung ke blog saya Bg. untuk softwerenya tidak bisa dikirim bg, karena uurannya cukup besar bg. Da untuk downloadnya adadi website resminya shazam kok bg. Coba abg klik saja lik ini http://econometrics.com/download/ dan pilih yang profesiona edition serta pilih 32 bit jika laptop abg berbasis 32 bit dan pilih 4 jika berbasis 64 bit bg.. semoga bisa membantu bg.

Jumadil Saputra mengatakan...

Hehehe makasih bang Jul, atas bantuannya... Itu utk trial version kan... Hehehe..
اَلْحَمْدُلِلّهِ
Saya dapat file saya yang lama, shazam versi 9, ada license Unsyiah yang dulu pak aliasuddin bagi,, makasih bnyak2 ya bang Jul... Terus berkarya dengan share ilmu yang bermanfaat :)

Jul Fahmi Salim S mengatakan...

Iya Bg Jumadil Saputra, sama-sama bg. Amiin ya rabbal alamin..